Friday, June 10, 2011

Apa itu Mata Pelajaran Aqidah Akhlak

Mata Pelajaran atau bidang studi Aqidah Akhlak merupakan salah satu sub materi pelajaran Agama Islam yang diajarkan kepada peserta didik (siswa/murid) di sekolah. Mulai tingkat TK (Taman Kanak-Kanak)/TKQ (Taman Kanak-Kanak Al-Qur`an), TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur`an), SD (Sekolah Dasar)/MI (Madrasah Ibtidaiyyah), SMP (Sekolah Menengah Pertama)/MTs (Madrasah Tsanawiyah), sampai SMA (Sekolah Menengah Atas)/SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)/MA (Madrasah Aliyah).

Aqidah Akhlak wajib dipelajari bagi setiap orang Islam, terutama peserta didik yang beragama Islam dan harus ditanamkan dari sejak kecil agar pemahamannya terhadap Islam tidak salah dan semakin kokoh (utuh).

Memang inti dari ajaran Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW kepada ummatnya adalah penanaman Aqidah dan Akhlak.

Adapun muatan inti materi dari pelajaran Aqidah Akhlak itu adalah mulai dari tingkat TK/TPQ s.d. SMA/MA adalah :
1. Rukun Iman
2. Rukun Islam
3. Macam-macam Akhlak terpuji
4. Macam-macam Akhlak tercela

Untuk Sekolah Umum (SD, SMP, SMA & SMK), pelajaran Aqidah Akhlak digabungkan ke dalam pelajaran Agama Islam (PAI) bersama Al-Qur`an Hadist, Fiqh, dan SKI. Sedangkan di Sekolah Agama (MI, MTs, dan MA) pelajaran Aqidah Akhlak tersendiri dan pembahasannya lebih fokus dan mendalam.

Akhirnya, setelah mempelajari Mata Pelajaran Aqidah Akhlak diharapkan siswa mampu memahami dan menerapkan secara utuh terhadap Aqidah Islam dan ber-Akhlaqul Karimah (Akhlak Mulia) dan menjadi Insanul Kamil (Manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT).

1 comment:

  1. Asssalamu'alaikum Wr.Wb
    kunjungi perdana, gan..
    di tunggu kunjungannya..

    ReplyDelete

Supported